Advertise

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google

Sejarah Waria dan Homo


Kamu mungkin sudah sering mendengar kata Waria/banci, tapi apa kamu tahu arti dari kata itu dan dari mana waria/banci berasal?, dan pernahkah hal tersebut terlintas dipikiran kamu?.



Sejarah
Kita tidak tahu sejak kapan tepatnya penyimpangan gender terjadi, tetapi sejak dulu manusia memang sudah melakukan penyimpangan gender juga manjalin hubungan antara sesama jenis. Hal tersebut sudah sering dibahas di dalam kitab suci, maupun cerita sejarah.

Tahun 1869, dokter Dr K.M. Kertbeny dari Jerman-Hongaria menciptakan istilah homoseks (homoseksualitas). Homo berasal dari bahasa Yunani yang berarti sama, dan seks yang berarti jenis kelamin. Istilah ini menunjukkan penyimpangan kebiasaan seksual seseorang yang menyukai jenisnya sendiri , misalnya pria menyukai pria ataupun wanita menyukai wanita.

Pada abad ke-20 semakin banyak homo bermunculan, sehingga banyak bermunculan komunitas homoseksual di kota-kota besar di Hinda-Belanda sekitar tahun 1920an.

1968
pada tahun ini mulai dikenal isitilah wadam yang diambil dari kata hawa dan adam. Kata wadam menunjukkan seorang pria yang mempunyai perilaku menyimpang yang bersikap seperti perempuan.

1969
Di New York, Amerika berlangsung Huru-hara Stonewall saat kaum waria dan gay melawan represi polisi yang khususnya terjadi pada sebuah bar bernama Stonewall Inn. Perlawanan ini adalah langkah awal dari Waria dan Gay, dalam mempublikasikan keberadaan mereka pada masyarakat umum.

Pada tahun yang tersebut juga mulai muncul organisasi Wadam yang bernama Himpunan Wadam Djakarta (HIWAD). Organisasi itu merupakan organisasi Waria pertama di Indonesia yang berpusat di Jakarta. Organisai tersebut berdiri dan difasilitasi oleh Gubernur DKI Jakarta Raya pada waktu itu, Ali Sadikin.

1978
(International Lesbian and Gay Association)) OLGA berdiri di Dublin, Irlandia.

±1980
Kata wadam diganti menjadi waria karena keberatan sebagian pemimpin Islam, karena mengandung nama seorang nabi, yakni Adam a.s.

1981
Munculnya penyakit AIDS. Penyakit ini pertama kali ditemukan di kalangan gay di kota besar Amerika Serikat, Kemudian diketahui bahwa HIV adalah virus penyebab AIDS. Penularan HIV/AIDS pertama kali ditularkan melalui hubungan seks anal antara laki-laki.

1982 - sekarang
Tahun 1982 muncul Organisasi gay terbuka, yang merupakan organisasi Gay terbuka pertama di Indonesia, setelah itu diikuti organisasi lainnya, seperti : Persaudaraan Gay Yogyakarta (PGY), Indonesian Gay Society (IGS), GAYA NUSANTARA (GN). Setelah banyaknya organisasi yang bermunculan, organisasi Gay mulai menjamur diberbagai kota besar Indonesia, seperti di Jakarta, Pekanbaru, Bandung, Denpasar, Malang dan Ujungpadang. Tentu hal ini meresahkan dan mengkhawatirkan masyarakat terutama organisasi-organisasi Islam di Indonesia.


0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...